Cara Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk

Salah satu kemampuan virus adalah menggandakan dirinya. Beberapa jenis virus, sebelum menggandakan dirinya, virus lebih dahulu beraksi dengan menyembunyikan file yang ditularinya dengan memasang attribut super hidden pada file tersebut.

File di Flashdisk kamu hilang karena Virus Shortcut? Begini cara mengembalikannya.

Sebelum kita mulai, saya mohon maaf jika anda merasa risih pada gambar tutorial yang saya pasang dalam tutorial ini, memiliki watermark “AlangAlang.Net”.

AlangAlang.Net adalah situs blog tutorial pertama saya, yang telah tersuspend karena sesuatu hal. Dikarenakan saya belum menemukan dan membuat bahan gambar lagi untuk tutorial ini, maka saya gunakan bahan gambar dari blog lama saya yaitu AlangAlang.Net.

Tutorial ini saya tulis, berdasarkan pengalaman di tempat saya bekerja, kebetulan saya bekerja di salah satu sekolah di Kab. Bogor. Oke, abaikan itu.

File dalam flashdisk akan tiba-tiba hilang setiap saya pasang di komputer sekolah. Begitupun terjadi semua guru dan siswa, mereka mengeluh file di flashdisknya hilang saat mereka menggunakan flashdisk mereka yang ditancap di komputer sekolah. Oleh karena seringnya melakukan transfer data dari satu komputer ke komputer lain menggunakan flashdisk yang sudah terinfeksi virus serta ketidaktahuan untuk mengidentifikasi mana file yang sudah terinfeksi virus dan mana yang tidak, akhirnya virus ini dengan cepat menyebar di hampir semua komputer sekolah. Hmmm..

Ternyata file-file tersebut bukan hilang, melainkan disembunyikan oleh virus yang sudah tertanam pada komputer tersebut.

Ya, memang itu menjadi salah satu kemampuan virus adalah menggandakan dirinya. Beberapa jenis virus, sebelum menggandakan dirinya, virus lebih dahulu beraksi dengan menyembunyikan file yang ditularinya dengan memasang attribut super hidden pada file tersebut. Kemudian sang virus membuat file baru yang sama persis dengan file yang ditularinya dengan alih-alih menyamar sebagai file yang asli, yang ternyata file baru tersebut berisi program virus itu sendiri bahkan menggunakan icon dan nama yang sama dengan file yang ditularinya. Kemampuan virus seperti ini biasanya ada pada Worm / W32 dan Malware.

Tapi ingat, virus jenis ini tidak menjadikan file asli yang telah digandakan menjadi virus, melainkan hanya menduplikasinya/menggandakannya kemudian menjadikan hasil duplikasinya itu sebagai virus. File virus ini biasanya berekstensi .exe atau membuat duplikasi dengan type shortcut berekstensi .ink.

Banyak cara untuk menangani permasalahan ini, yang paling mudah adalah dengan memasang Antivirus pada komputer anda. Sayangnya, tidak semua antivirus dapat mengidentifikasi virus tersebut, entah kenapa.

Oleh karena itu, pengetahuan untuk mengidentifikasi mana file virus dan mana yang bukan menjadi hal yang penting. Karena jika sekali saja keliru, dan membuka file yang ternyata adalah virus, bersiaplah kamu meng-install ulang computer anda.

Pasang Antivirus sebelum komputermu terinfeksi virus untuk mengantisipasi, jika memasang setelah terinfeksi, saya rasa akan sia-sia. Kalau menurut kalian bagaimana? Tuliskan di kolom komentar ya.

Seperti yang saya sampaikan sebelumnya, tidak semua Antivirus dapat mendeteksi jenis virus ini. Mau tidak mau, anda harus lebih berhati-hati saat membuka file dari media penyimpanan seperti flashdisk atau hardisk external, SD Card, dll. dan mengidentifikasi sendiri kemudian menghapus file yang mencurigakan (terindikasi virus) secara manual.

Setelah menghapusnya, lakukan langkah untuk mengembalikan file asli yang sudah disembunyikan oleh virus tersebut. Karena virus ini memberikan attribut super hidden kepada file yang ditularinya, maka Anda tidak bias menggunakan cara biasa untuk menghilangkan attributenya. Lalu bagaimana caranya?

  1. Anda bisa menggunakan Antivirus untuk menghilangkan attibut ini. Tapi seperti yang sudah dijelaskan oleh saya sebelumnya, tidak semua Antivirus dapat menangani masalah ini. Oleh karena itu, pada kasus tersebut, Antivirusmu tidak akan berguna.
  2. Kedua dengan cara manual menggunakan CMD (Command Line Prompt), Cara ini bias membantumu saat kamu ingin mengambalikan file kamu yang disembunyikan oleh virus, tetapi Antivirusmu tidak bias menaganinya, atau saat kamu tidak memasang sama sekali aplikasi Antivirus di computer kamu.

Maka di tutorial kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengembalikan file yang disembunyikan virus akibat attribute super hidden dengan cara manual menggunakan CMD.

  • Klik Start Menu kemudian klik Run atau dengan menekan tombol Windows pada Keyboard + R).
  • Setelah keluar kotak dialog Run, ketik cmd lalu klik OK.
  • Setalah tampilan Command Prompt terbuka, ketikkan drive yang dituju (drive tempat file yang ingin dihilangkan attribut super hiddennya berada). Disini contohnya drive f: maka ketik f: lalu tekan Enter
  • Setelah itu ketikkan syntak berikut ini :
    attrib –s –h *.* /s /d
    lalu tekan Enter.
    Syntak diatas akan menghilangkan attribut hidden pada semua file yang ada dalam drive yang diituju.

Atau jika anda ingin menghilangkan attribut hidden secara kepada file tertentu saja, maka syntaknya adalah :
attrib –s –h nama file /s /d
lalu tekan Enter.

Semoga bermanfaat..

Indra Fadhilah
Founder & author di webgrafis.com. Menyukai pemrograman & desain grafis. Selalu ingin belajar hal baru tentang teknologi.