Belajar HTML #2: Editor HTML

Memilih sebuah aplikasi editor HTML tidaklah terlalu sulit. Aplikasi editor HTML digunakan untuk mempermudah kita membuat kode HTML. HTML sendiri pada dasarnya hanya text biasa yang ditulis dalam kode-kode khusus.

Web Browser-lah yang akan menerjemahkan kode HTML ini menjadi sebuah tampilan halaman web.

Browser akan menerjemahkan sebuah halaman website yang dikirimkan melalui HTTP (Hypertext Transfer Protocol) ke dalam tampilan yang dipahami manusia.

Meskipun setiap web browser memiliki fitur dan tampilan yang berbeda, tapi untuk fungsi secara umum sama.

Memilih Editor HTML

Untuk membuat kode HTML maupun halaman web sederhana, kita tidak perlu menggunakan aplikasi yang besar dan berat. Aplikasi Notepad bawaan Windows sebenarnya sudah cukup untuk membuat kode HTML.

Notepad adalah aplikasi bawaan dari sistem operasi Windows (PC), sedangkan untuk sistem operasi MAC kamu bisa menggunakan TextEdit.

Untuk menggunakan aplikasi Notepad, kamu bisa menekan tombol windows pada keyboard – ketik notepad :

Kami percaya menggunakan editor teks sederhana seperti Notepad adalah cara yang baik untuk belajar HTML. Walaupun kamu bisa menggunakan Editor lain yang lebih professional seperti Notepad++, Sublime Text, dll.

1. Notepad++

Text editor ini khusus bisa digunakan untuk windows dan free lisensi (gratis). Editor ini memiliki ciri khas tersendiri dan banyak fitur-fitur tersedia, salah satunya adalah fitur pewarnaan code (syntax highlighting). Fitur ini akan memudahkan penulisan HTML.

Download Notepad++

2. Sublime Text

Text editor yang paling banyak digunakan oleh programmer. Editor ini memiliki tampilan yang elegan dan khas. Editor ini tersedia untuk Windows, Mac, dan Linux.

Download Sublime Text

3. Atom

Secara tampilan default, Text editor ini hampir mirip dengan Sublime Text, namun text editor ini agak sedikit lebih berat jika dibandingkan dengan Sublime Text. Kelebihan lain dari text editor ini adalah didukung dengan ribuan fitur paket yang bisa kamu install untuk memudahkan kamu dalam penggunaan aplikasi ini dan saat penulisan syntax. Editor ini bisa digunakan oleh platform Mac, Windows, dan Linux.

Download Atom

4. Netbeans IDE

Text editor ini merupakan salah satu favorit programmer. Namun text editor ini memiliki ukuran yang lebih besar dibanding text editor lain yang disebutkan di atas. Secara otomatis, penggunaan aplikasi ini akan terasa lebih berat jika diinstall di komputer yang memiliki spek tidak terlalu tinggi. Kemudahan text editor ini adalah tampilan kode program yang lebih rapi dan navigasi yang lengkap.

Download Netbeans IDE

Itulah beberapa pilihan text editor yang bisa Anda gunakan untuk menilis kode HTML. Text editor ini selain bisa digunakan untuk menulis kode HTML, bisa juga digunakan untuk menulis kode program lainnya seperti PHP, CSS, JavaScript, dan beberapa kode program lain untuk desktop.

Indra Fadhilah
Founder & author di webgrafis.com. Menyukai pemrograman & desain grafis. Selalu ingin belajar hal baru tentang teknologi.