Belajar HTML #1: Mengenal HTML

Siapapun bisa belajar bagaimana caranya membuat website, yaitu diawali dengan mempelajari HTML terlebih dahulu sebagai pondasinya. Tanpa memiliki pengetahuan HTML, mustahil Anda bisa membuat sebuah website yang utuh.

Baiklah, sekarang apa itu HTML?

Kita mulai dari pengertiannya..

Pengertian HTML

HTML (Hyper Text Markup Language) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman website. Di dalam dunia pemrograman berbasis website (web programming), HTML menjadi pondasi dasar pada halaman website.

HTML bukanlah bahasa pemrograman (programming language), tapi bahasa markup (markup language), hal ini terdengar sedikit aneh, tapi jika Anda telah mengenal bahasa pemrograman lain, dalam HTML tidak akan ditemukan struktur yang biasa ditemukan dalam bahasa pemrograman lain seperti fungsi IF, Loop, maupun variabel

HTML hanya sebuah bahasa struktur yang fungsinya untuk menandai bagian-bagian dari sebuah halaman.

Seperti yang sudah dijelaskan HTML adalah dasar dari sebuah website. Untuk membuat sebuah website tidak cukup hanya menggunakan HTML, terdapat banyak bahasa pemrograman web yang ditujukan untuk memanipulasi kode HTML, seperti JavaScript dan PHP untuk membuat sebuah website yang dinamis.

Jika halaman website dibuat hanya menggunakan HTML saja maka halaman website tersebut di sebut halaman statis karena tidak memiliki aksi atau fungsi-fungsi yang dapat mengelola website. Tentu developer web akan sangat disibukkan dengan harus mengubah lagi file HTML setiap ingin mengupdate artikel.

Akan tetapi sebelum anda belajar JavaScript maupun PHP, memahami HTML merupakan hal yang paling awal.

Lanjut..

HTML memiliki beberapa elemen yang tersusun dari tag-tag yang memiliki fungsinya masing-masing. seperti tag heading, paragraf, pembuatan form, tombol, list, membuat hyperlink atau link yang menghubungkan antar halaman website dan banyak lagi lainnya yang akan bahas pada tutorial belajar HTML selanjutnya.

Sebuah file HTML disimpan dengan ekstensi .html (dot html) atau .htm (dot htm) dan dapat dieksekusi atau diakses menggunakan web browser (Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, Safari dan lain-lain).

Kegunaan HTML

HTML berfungsi sebagai pondasi sebuah halaman website. Adapun yang dapat dilakukan dengan HTML adalah sebagai berikut :

  • Membuat heading atau format judul
  • Membuat tabel
  • Membuat list
  • Membuat paragraf
  • Membuat form
  • Membuat tombol
  • Membuat garis
  • Membuat huruf tebal
  • Membuat huruf miring
  • Menampilkan gambar
  • Menampilkan video
  • Membungkus elemen-elemen tertentu sesuai kebutuhan
  • Dan banyak lainnya.

Sejarah HTML

HTML dibuat pada tahun 1990 oleh seorang ilmuan yang bernama Tim Berners-Lee. Tujuan awal dibuatnya HTML ini untuk memudahkan para ilmuan ketika akan mengakses dokumen mereka satu sama lain.

Ternyata hasilnya lebih dari yang dibayangkannya, HTML menjadi pondasi untuk website seperti yang dikenal saat ini.

Dengan HTML memungkinakan Anda untuk menampilkan informasi di internet.

Browser akan menampilkan kode HTML dengan tampilan seperti yang Anda baca saat ini, untuk melihat kode HTML-nya silakan klik kanan kemudian pilih View page source (ctrl+u).

Versi HTML

Ada banyak versi HTML. Sampai saat ini HTML sudah sampai pada versi 5. HTML5 berisi beberapa fitur baru, walaupun tetap membawa mayoritas fitur dari versi HTML sebelumnya.

Berikut versi HTML dari awal sampai dengan sekarang ini :

Versi Tahun
HTML1991
HTML 2.01995
HTML 3.21997
HTML 4.011999
XHTML2000
HTML52014

Indra Fadhilah
Founder & author di webgrafis.com. Menyukai pemrograman & desain grafis. Selalu ingin belajar hal baru tentang teknologi.